Apa Saja yang Menjadi Pertimbangan dalam Menyeleksi Sekolah Penerbangan?

Pilot bukanlah profesi sembarang. Seseorang harus memahami teknik menerbangkan pesawat sekaligus mengantongi sejumlah jam terbang untuk bisa menjadi pilot. Semua itu hanya bisa diperoleh dengan mengenyam pendidikan di sekolah penerbangan. Jika Anda bercita-cita menjadi seorang penerbang karena alasan tertentu, berarti harus persiapkan dana, kesehatan, kemampuan bahasa Inggris, dan dokumen terkait dengan baik supaya bisa lolos seleksi Sekolah PILOT NFI, BIFA, Aero, atau sekolah favorit lainnya. Keberadaan sekolah penerbangan yang semakin banyak belakangan tentu akan menimbulkan kebimbangan. Jangan sampai hal ini membuat Anda keliru dalam mengambil keputusan. Lantas, apa yang menjadi pertimbangan dalam menyeleksi sekolah penerbangan?

Fasilitas pendidikan

Terdengar sepele, tapi fasilitas pendidikan sekolah pilot sangat penting diketahui. Seberapa banyak pesawat latih yang dimiliki oleh sekolah tsb? Apabila sekolah penerbangan menggembleng sekitar 25 pilot untuk tiap angkatannya, setidaknya sekolah tsb harus punya 5 pesawat latih. Kondisi ini sesuai dengan standar penerbangan yang mana 1 pesawat hanya digunakan oleh 5 orang kadet. Dengan harapan, kadet tidak terlalu lama menunggu antrian terbang yang berpotensi memperlambat waktu kelulusan. Bagaimana kondisi ruang belajarnya? Sudah seharusnya sekolah pilot memberikan ruang belajar yang nyaman seperti pemberian AC, penggunaan proyektor dengan audio, sekaligus jumlah siswa yang tidak terlalu banyak per kelasnya sehingga kadet bisa menerima materi penerbangan dengan lebih maksimal.

Kuantitas & profil instruktur penerbangan

Sebelum mengetahui cara daftar BIFA 2018, NFI 2018, Aero 2018, dsb, cari tahu jumlah sekaligus profil instruktur penerbangannya. Idealnya, 1 instruktur penerbangan menggembleng 6 orang siswa sehingga proses pendidikan & pelatihan yang lebih optimal. Tak kalah penting dari itu, telusuri pula profil instruktur penerbangan sekolah pilot tujuan. Berkualitas atau tidaknya lulusan bukan hanya dipengaruhi oleh keberadaan fasilitas yang dimiliki sekolah pilot, melainkan juga lantaran kualitas instruktur penerbangan. Maka dari itu, daftarkan diri ke sekolah penerbangan yang menggandeng instruktur penerbangan yang mengantongi lebih dari 1.500 jam terbang. Banyaknya jam terbang yang dimiliki menjadi bukti bahwa instruktur tsb memiliki pengalaman yang mumpuni sehingga bisa memberikan pengajaran yang tepat untuk mencetak lulusan yang berkompeten dan berdaya saing tinggi.

Program pendidikan

Apa saja program pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah pilot tsb? Hal ini pun tak boleh luput dari perhatian. Daftar sekolah pilot yang menawarkan program pendidikan hingga memperoleh lisensi ME. Dengan begitu, Anda tidak ribet mendaftar lagi ke sekolah pilot lain. Apa pentingnya mengantongi lisensi ME? Melamar kerja dengan mengantongi lisensi CPL pada dasarnya masih diterima. Hanya saja, Anda memiliki nilai lebih di mata pihak airline jika sudah memiliki lisensi ME. Pasalnya, hal ini menandakan Anda sudah punya kemampuan untuk menerbangkan pesawat bermesin ganda yang sejatinya merupakan jenis pesawat yang digunakan oleh kebanyakan airline.

Di lain pihak, Anda pun bisa menjadikan insiden kecelakaan sebagai pertimbangan dalam menyeleksi sekolah pilot. Semakin sering terjadi insiden kecelakaan pesawat latih di sekolah, mencerminkan bahwa sekolah pilot tsb belum berhasil mendidik para kadetnya atau karena minimnya perawatan terhadap pesawat latih. Makanya, Anda harus update informasi seputar sekolah pilot tujuan. Baru-baru ini diketahui ada insiden kecelakaan pesawat latih salah satu sekolah pilot. Meskipun siswa diketahui selamat, ini patut menjadi pertimbangan. Baca berita selengkapnya di blog ini.