Inilah Akibat Mendaftar di Sekolah Pilot yang Tidak Tepat

Masuk sekolah pilot merupakan langkah awal untuk menggapai impian sebagai penerbang. Di sekolah pilot, Anda bakal memperoleh pendidikan teori kemudian berlanjut praktek dengan simulator lalu pesawat latih. Di samping itu, Anda bakal memperoleh lisensi penerbangan sesuai dengan jam terbang yang telah dikantongi. Lisensi penerbangan ini menjadi bukti kemampuan terbang Anda. Jika sudah memiliki lisensi ME atau minimal CPL, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai pilot di salah satu maskapai penerbangan. Namun, Anda harus pastikan kalau sekolah pilot yang dipilih benar-benar tepat. Jika tidak, ini akibatnya:

Biaya pendaftaran terbuang sia-sia

Untuk bisa mengikuti seleksi administrasi hingga mengikuti sejumlah tes yang diadakan di Balai Hatpen, Lakespra, atau langsung oleh sekolah pilot yang bersangkutan, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya. Besarnya sendiri mulai dari 10 jutaan, tergantung dari kebijakan masing-masing sekolah. Biaya pendaftaran ini tidak dapat dikembalikan meskipun pada akhirnya Anda gagal dalam mengikuti tes. Oleh karenanya, daftarkan diri ke sekolah yang tidak memberikan tes akademik jika Anda kurang piawai dalam pelajaran matematika & ke sekolah dengan pesaing yang minim atau dikenal tidak terlalu ketat dalam proses seleksinya sehingga biaya pendaftaran tidak terbuang sia-sia. Meski begitu, Anda harus tetap mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum mengikuti tes lainnya.

Biaya pendidikan melayang

Sebagaimana diketahui kalau biaya pendidikan sekolah pilot tidak murah, kisarannya lebih dari 800 jutaan (tergantung dari sekolah penerbang yang dituju). Atas dasar ini, Anda harus berhati-hati dalam memilih sekolah pilot. Jika tidak, biaya ratusan juta tsb bakal melayang sia-sia karena terpilih sekolah pilot abal-abal. Ketika memilih sekolah pilot, jangan termakan rayuan sekolah pilot yang baru seumur jagung. Tak sedikit kasus sekolah pilot yang baru berdiri ditutup lantaran manajemen yang buruk sehingga para kadetnya jadi terlantar. Kalaupun harus pindah, tentunya harus mengeluarkan biaya double untuk mendaftar sekaligus membayar biaya pendidikan & pelatihan di sekolah penerbangan baru. Alangkah baiknya jika memilih sekolah pilot yang sudah cukup lama malang melintang menggeluti dunia penerbangan untuk mencetak pilot.

Setelah lulus mengganggur

Cek fasilitas yang ditawarkan, ketahui profil instruktur, sekaligus lulusan sekolah pilot yang bakal dituju sebelum mengajukan dokumen pendaftaran. Pastikan kalau sekolah pilot memiliki fasilitas yang lengkap, mumpuni, dan modern, instrukturnya sudah sangat berpengalaman, dan lulusannya telah banyak yang diterima bekerja. Jika mengabaikan hal-hal tsb, tidak tertutup kemungkinan setelah lulus bakal menganggur bahkan bekerja tapi bukan di dunia penerbangan. Pasalnya, jam terbang yang dikantongi tidak sesuai dengan kemampuan, kemampuan terbang yang masih minim, atau jadi lulusan yang dipandang sebelah mata oleh pihak airline.

Pilih sekolah pilot jangan hanya yang terbaik karena yang terbaik belum tentu tepat untuk Anda. Makanya, temukan sekolah pilot di mana syarat, fasilitas, durasi pendidikan, sampai dengan biaya pendidikan yang ditawarkan semuanya tepat bagi Anda. Jangan sampai uang ratusan juta Rupiah dan waktu untuk mengenyam pendidikan & pelatihan di sekolah pilot terbuang percuma karena kesalahan memilih sekolah pilot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *